Beranda INVESTASI Pengunjung Membludak, 60 pelaku UMKM Festival Surabaya Alami Peningkatan Omzet

Pengunjung Membludak, 60 pelaku UMKM Festival Surabaya Alami Peningkatan Omzet

188
0

Eksis.id – Surabaya – Event UMKM Festival Surabaya atau UFS jilid dua yang digelar mulai Jumat hingga Minggu ( 17/04/2022) berakhir dengan mencatat kesuksesan. Pertama jumlah pengunjung yang selalu membludak hingga ribuan orang per hari, omzet penjualan pelaku UMKM juga meningkat. Bahkan diperkirakan transaksi di UMKM Festival Surabaya selama tiga hari ini mencapai ratusan juta rupiah.

Tom Liwafa selaku penggagas acara UFS ini berhasil menciptakan wadah bagi pelaku UMKM untuk bangkit setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid 19. ” Tujuan utama UFS ini memang untuk membangkitkan UMKM di Kota Surabaya ” Jelas Tom Liwafa.

Diharapkan dengan semakin banyak anak muda mulai memiliki usaha sendiri atau bergerak di sektor riil, akan semakin banyak lapangan kerja. ” Makin banyak pelaku UMKM akan membantu menumbuhkan perekonomian di Indonesia ” Kata Tom Liwafa.

Sedikitnya ada 60 pelaku UMKM yang ikut dalam UFS jilid dua ini. Pelaku UMKM tidak perlu membayar sewa, namun hanya membayar biaya retribusi air, kebersihan dan listrik. Di UFS ini banyak pelaku UMKM makanan dan fashion yang terbantu untuk promosi.

Salah satunya Mirna, yang menjual jajanan bakso dan tahu bakso. Selama tiga hari ikut UFS ini dagangannya selalu ludes terjual. ” Saya sudah dua kali ikut di UFS ini dan Alhamdulillah dagangan selalu sold out ” Terang Mirna. Mahasiswa yang mulai usaha makanan sejak tiga tahun lalu ini merasa terbantu dengan adanya UMKM Festival Surabaya.

Sementara mengantisipasi membludaknya pengunjung dan tetap menjaga protokol kesehatan, panitia mewajibkan pengunjung untuk scan barcode Peduli Lindungi sebelum masuk area bazar. ” Pengunjung juga dibatasi, jika didalam sudah penuh, pengunjung di luar tidak boleh masuk ” Jelas Delta Hesti istri dari Tom Liwafa. Bahkan petugas gabungan TNI Polri, Satpol PP dan satgas Covid Pemkot Surabaya dikerahkan untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban pengunjung.

Selama tiga hari penyelenggaraan UMKM Festival Surabaya ini juga disuguhkan hiburan bagi pengunjung. Seperti penampilan Ndraboy Gank dan Happy Asmara. Tak hanya itu, acara UFS ini juga mendapat apresiasi dari pejabat hingga tokoh Agama, seperti Wakil Walikota Surabaya Armuji, anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia dan Gus Miftah.

Setelah sukses dengan UFS jilid dua ini, rencananya acara serupa akan kembali digelar tiap tiga hingga enam bulan sekali. ” Harapannya acara UFS ini bisa terus digelar agar membantu pelaku UMKM berpromosi dan nantinya semakin banyak muncul pelaku UMKM di Kota Surabaya ” Pungkas Delta Hesti. *(Aln)

Artikulli paraprakUpaya Menggerakan dan memulihkan UMKM Akibat Pandemi Festival UMKM Surabaya Mendapat Apresiasi dari DPR RI
Artikulli tjetërPengusaha Surabaya Bagikan Ribuan Paket Berisi Sembako, Sepatu dan Sendal Sebagai Persiapan Lebaran

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini