Beranda EKSIS TV Pulihkan Ekonomi, Indonesia Utang ke ADB Rp 7,1 T

Pulihkan Ekonomi, Indonesia Utang ke ADB Rp 7,1 T

431
0

Eksis – Jelang akhir tahun Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia menyetujui pinjaman berbasis kebijakan senilai USD 500 Juta atau setara Rp7,1 Triliun lebih untuk Indonesia. Pinjaman tersebut digelontorkan untuk membantu Indonesia memulihkan ekonomi Indonesia dari dampak pandemi Covid-19 dan menciptakan pertumbuhan berkelanjutan.

Pinjaman juga digelontorkan untuk membantu Indonesia menciptakan pertumbuhan berkelanjutan. Direktur ADB bidang Pembangunan Manusia dan Sosial bagi Asia Tenggara Ayako Inagaki mengatakan pinjaman ini akan membantu meningkatkan kualitas SDM, menaikkan produktivitas tenaga kerja serta reformasi di bidang pendidikan, pengembangan keterampilan, kesehatan, dan perlindungan sosial.

“Program ini mendukung reformasi penting yang membantu pemerintah mencapai berbagai target kesehatan dan pendidikan dalam Sustainable Development Goals,” katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (22/11).


Ia menambahkan pinjaman baru ini akan digunakan untuk membiayai subprogram pertama dari tiga subprogram peningkatan produktivitas melalui Program Pembangunan Modal Manusia (Boosting Productivity through Human Capital Development Program).

Program ini menggabungkan pinjaman berbasis kebijakan dengan bantuan teknis dan dukungan pengetahuan yang berfokus pada kesehatan, pendidikan, dan perlindungan sosial sehingga akan menaikkan indeks SDM Indonesia menjadi 59 persen pada 2026.

Pinjaman digelontorkan karena Indonesia butuh tingkat pertumbuhan tahunan hingga 7 persen agar mampu menjadi negara berpenghasilan tinggi pada 2045. Menurutnya, untuk mencapai level negara berpenghasilan tinggi, Indonesia membutuhkan angkatan kerja yang terampil bagi transisi menuju manufaktur teknologi tinggi dan ekspor bernilai tambah lebih tinggi. *(Aln)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini