Beranda HEADLINE Biaya Transfer Antar Bank Turun Jadi Rp. 2.500

Biaya Transfer Antar Bank Turun Jadi Rp. 2.500

60
0

Eksis.id – Transfer uang ke bank lain (lintas bank) bakal lebih murah melalui skema BI-FAST. Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan BI-FAST pada Desember 2021, sebagai salah satu cara untuk mendukung konsolidasi industri dan integrasi ekonomi dan keuangan digital (EKD) nasional secara end to end.
Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan dengan BI-FAST maka biaya transaksi lintas bank menjadi lebih murah dibandingkan skema sebelumnya.

“Dari BI ke peserta ditetapkan Rp 19 per transaksi dan dari peserta ke nasabah ditetapkan maksimal Rp 2.500 per transaksi ini akan direview secara berkala,” kata Perry dalam konferensi pers.

Gubernur BI Perry Warjiyo menuturkan bahwa biaya transfer antar bank akan segera diturunkan melalui program BI-FAST. BI FAST adalah sistem baru yang akan menggantikan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI). “ Sistem BI FAST bertujuan  untuk memfasilitasi transaksi kecil alias ritel,” ujar Gubernur BI.

Pengawas sistem pembayaran ini semula menetapkan harga transfer antar Bank dari Rp6.500, akan diturunkan menjadi Rp2.500. Adapun penurunan biaya transaksi antar bank akan diberlakukan melalui program BI FAST Payment tahap I yang akan dimulai di pekan kedua Desember 2021.

Biaya transaksi antar bank di industri perbankan telah diatur dalam Peraturan Bank Indonesia atau PBI Nomor 14/23/PBI/2021 tentang Transfer Dana. Aturan ini menyatakan bahwa setiap penyelenggara penerima (transfer) berhak mengenakan biaya transfer dana selama memperhatikan aspek kewajaran.

Pada tahap awal, BI menetapkan batas maksimal nominal transaksi BI-FAST adalah sebesar Rp 250 juta per transaksi. Namun batas maksimal tersebut akan terus dievaluasi secara berkala, dengan mempertimbangkan kelancaran BI-FAST.

Berikut daftar calon bank yang telah ditetapkan oleh BI, dan akan menjalankan aturan BI FAST tahap I: Bank Tabungan Negara (BTN) Bank DBS Indonesia Bank Permata Bank Mandiri (Mandiri) Bank Danamon Indonesia Bank CIMB Niaga Bank Central Asia (BCA) Bank HSBC Indonesia Bank UOB Indonesia Bank Mega Bank Negara Indonesia (BNI) Bank Syariah Indonesia (BSI) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bank OCBC NISP Bank Tabungan Negara UUS Bank Permata UUS Bank CIMB Niaga UUS Bank Danamon Indonesia UUS Bank BCA Syariah Bank Sinarmas Citibank Bank Woori. *(Alf)


Artikel sebelumyaBunga Harian Pinjol Turun dari 0,8% menjadi 0,4%
Artikel berikutnyaHarga Minyak Goreng Naik Hingga 20 Ribu Per Liter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here