Beranda HEADLINE Cegah Kerusakan Lingkungan, Komunitas Pecinta Alam Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Cegah Kerusakan Lingkungan, Komunitas Pecinta Alam Tanam Ribuan Bibit Mangrove

43
0

Eksis.id – Antisipasi kerusakan lingkungan, abrasi serta perubahan iklim berbagai komunitas pecinta Alam tanam ribuan mangrove dan cemara laut di Gresik. Meski banyak industri, restorasi mangrove terus dilakukan oleh kelompok pengawas masyarakat nelayan (POKMASWAS) dan lintas komunitas pecinta alam sejatim dengan cara menanam ribuan bibit mangrove serta pohon cemara laut dikawasan kalimireng kecamatan manyar Gresik. Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjaga ekosistem lingkungan dan bermanfaat bagi pariwisata alam.

Penanaman dilakukan karena pertumbuhan industri di kawasan Gresik perkembangannya tidak terbendung. Sehingga dampak terhadap lingkungan perubahan iklim bisa diminimalisir lewat pemulihan yang salah satunya dengan restorasi.

Salah satu relawan pecinta alam Ozik asal Surabaya mengaku sangat antusias mengikuti penanaman, pasalnya saat ini ekosistem serta kerusakan lingkungan kian menghawatirkan dengan banyaknya industri dikawasan Kalimireng.

“Kita sebagai pecinta alam harus turut serta untuk tetap menjaga lingkungan dimanapun berada, terlebih abrasi kian menghawatir dikawasan industri.” ujar Ozik,

Sementara Camat Manyar Gresik, Mohamad Nadlelah, mengapresiasi Pokmaswas dan para pengiat lingkungan, selain pencegahan abrasi dengan penanaman kita juga mengurangi pemanasan global. “Kita harus terus menanam pohon, apapun itu guna meredam kenaikan gas rumah kaca penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim,’ tegas Camat Manyar Mohamad Nadlelah.

Selain penanaman mangrove, pokmaswas dan lintas komunitas jatim juga menanam ratusan cemara laut di tambak kawasan kalimireng. *(Aln)

Artikel sebelumyaHarga Pupuk Non Subsidi Naik, Petani Menjerit
Artikel berikutnyaHarga Kebutuhan Pokok Melonjak, Tertinggi Daging

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here